WISATA INDONESIA : LOMBOK


Di sore hari yang cerah ini, gua pengen ngasih tahu kalian semua tentang Wisata Indonesia. Tepatnya, tentang Lombok. Gua pengen banget ke Lombok. Nggak sendiri sih, tapi bertiga sama Citra sama Eca juga. Gua kepengen banget ke Lombok setelah baca Fairish. Katanya sih keren sunset di Senggigi, lebih keren daripada Kuta. Terus gua langsung buka mbah google dan nyari tentang senggigi, dan ternyata emang keren. Gua ampe teriak liatnya. Ampe diomelin sama ibu gua, dikira ada apa. Yaudah, langsung aja gua bakal ngasih tahu sedikit tentang Lombok....

     Pulau Lombok  adalah sebuah pulau di kepulauan Sunda Kecil atau Nusa Tenggarayang terpisahkan oleh Selat Lombok dari Bali di sebelat barat dan Selat Alas di sebelah timur dari Sumbawa. Pulau ini kurang lebih berbentuk bulat dengan semacam "ekor" di sisi barat daya yang panjangnya kurang lebih 70 km. Luas pulau ini mencapai 5.435 km², menempatkannya pada peringkat 108 dari daftar pulau berdasarkan luasnya di dunia. Kota utama di pulau ini adalah Kota Mataram. Beberapa tempat wisata yang ada di Lombok:

1. Pantai Senggigi

     Ketika kalian sampe di Lombok, tempat pertama yang mesti kalian kunjungin adalah penginapan buat naro barang-barang dan istirahat bentar. Nah, pas sorenya silahkan ke pantai Senggigi. Jangan sampe nyesel udah ke Lombok, tapi gak liat sunset di Senggigi. Sunset di Senggigi berjuta-juta lebih indah daripada di pantai Ancol.  Letaknya di sebelah barat pesisir Pulau Lombok. Pantai Senggigi memang tidak sebesar Pantai Kuta di BaliMemasuki area pantai Senggigi, wisatawan seta merta disapa oleh lembutnya angin semilir yang menenangkan. Pesisir pantainya masih asri. Pemandangan bawah lautnya sangat indah, dan wisatawan bisa melakukan snorkling sepuasnya karena ombaknya tidak terlalu besar. Terumbu karangnya menjulang ketengah menyebabkan ombak besarnya pecah di tengah. Tersedia juga hotel-hotel dengan harga yang bervariasi, dari yang mahal sampai hotel yang berharga ekonomis. Sekitar setengah jam dengan berjalan kaki, para wisatawan dapat menjumpai Batu Bolong di pantai ini. Ini adalah sebuah pura yang dibangun di atas karang yang terletak di tepi pantai. Menurut legenda masyarakat setempat dahulu kala sering diadakan pengorbanan seorang perawan untuk dimakankan kepada ikan hiu di tempat ini. Legenda lain mengatakan dahulu banyak para wanita yang menerjunkan diri dari tempat ini ke laut karena patah hati. Dari tempat ini juga terlihat Gunung Agung di Pulau Bali.

Pantai Senggigi

Pantai Senggigi

Sunset di Senggigi
Sunset di Senggigi

Pura Batu Bolong

2. Gunung Rinjani
     Bagi kalian yang punya jiwa petualang, dan pengen mendaki gunung. Kalian mesti ke gunung Rinjani. Tapi, hati-hati, ya karena gunung ini merupakan gunung berapi yang masih aktif. Gua pengen banget nih kesini, karena kalo udah di puncaknya, gua bisa ngeliat awan dengan lebih jelas dan lebih puas, bahkan gua bisa lebih tinggi dari pada awan. Terletak pada lintang 8º25' LS dan 116º28' BT ini merupakan gunung favorit bagi pendaki Indonesia karena keindahan pemandangannya. Gunung ini merupakan bagian dari Taman Nasional Gunung Rinjani yang memiliki luas sekitar 41.330 ha. Rinjani memiliki panaroma paling bagus di antara gunung-gunung di Indonesia. Setiap tahunnya (Juni-Agustus) banyak dikunjungi pencinta alam mulai dari penduduk lokal, mahasiswa, pecinta alam.
Suhu udara rata-rata sekitar 20 °C; terendah 12 °C. Angin kencang di puncak biasa terjadi di bulan Agustus.
Selain puncak, tempat yang sering dikunjungi adalah Segara Anakan, sebuah danau terletak di ketinggian 2.000m dpl. Untuk mencapai lokasi ini kita bisa mendaki dari desa Senaru atau desa Sembalun Lawang (dua entry point terdekat di ketinggian 600m dpl dan 1.150m dpl).
Kebanyakan pendaki memulai pendakian dari rute Sembalun dan mengakhiri pendakian di senaru, karena bisa menghemat 700m ketinggian. Rute Sembalun agak panjang tetapi datar, dan cuaca lebih panas karena melalui padang savana yang terik (suhu dingin tetapi radiasi matahari langsung membakar kulit). Krim penahan panas matahari sangat dianjurkan. Keseluruhan perjalanan dapat dicapai dalam program tiga hari dua malam, atau jika hendak melihat dua objek lain: Gua Susu dan gunung Baru Jari (anak gunung Rinjani dengan kawah baru di tengah danau) perlu tambahan waktu dua hari perjalanan. Persiapan logistik sangat diperlukan, tetapi untungnya segala sesuatu bisa diperoleh di desa terdekat. Tenda, sleeping bag, peralatan makan, bahan makanan dan apa saja yang diperlukan (termasuk radio komunikasi) bisa disewa dari homestay-homestay yang menjamur di desa Senaru.






3. Hutan Monyet Pusuk

     Hutan Monyet Pusuk adalah wisata alam yang berada di Hutan kawasan Hutan RinjaniLombok. Pusuk berarti puncak, hal ini merujuk hutan ini berada di puncak gunung Rinjani. Di Pusuk terdapat ratusan ekor monyet yang selalu setia menanti dipinggir jalan untuk diberi makan oleh pengendara yang lalu lalang melintas dijalan yang berkelok-kelok.jalan di pusuk memang terlihat seperti kawasan puncak yang menawarkan sensasi yang berbeda bagi pengendara maupun turis asing.hutan lindung yang rimbun serta suara alam mengiringi monyet yang berjejer di pinggir jalan. Pantas jika disebut Pusuk Pass. Jangan lupa membawa pisang jika berkujung ke Pusuk.




4. Air Terjun Sendang Gile

     Air terjun ini berada di kaki gunung Rinjani. Dengan ketinggian 31 meter, air terjun ini jatuh bebas *yaiyalah.  Terletak di Kecamatan Bayan, Kabupaten Lombok Utara. Perjalanan dari kota Mataram kurang lebih memakan waktu 30 menit.



      Sebenernya, masih ada banyak tempat lagi yang bisa dikunjungi di Lombok. Seperti Gili Trawangan, Gili Air dan Gili Meno. Namun, waktu yang tidak mengijinkan untuk menulis lebih banyak. Makasih buat yang udah baca, dan kalo jadi kepingin ke Lombok, ajak-ajak, yaa......





0 komentar:

Posting Komentar

 
It's Fantastic Blogger Template by Ipietoon Blogger Template