BANJIR, KADO AWAL TAHUN BUAT JAKARTA?


Lohaa, Halooo… Kayaknya lagi seru-serunya nih bahas tentang ini. Ibu Kota darurat bajir, Jakarta akan tenggelam, Jakarta tanggap darurat, kayaknya kalimat-kalimat itu lagi sering nongol di TV deh. Dari pagi sampe malem beritanya tentang banjiiirrr semua. Tanggul jebol, BKB jebol, banyak yang nggak mau dievakuasi, Air sungai meluap, kayaknya lagi hangat-hangatnya diomongin. Jakarta lagi jadi sorotan.
Banjir Jakarta di awal tahun 2013 ini merupakan banjir yang lebih besar dari banjir tahun 2007 lalu. Menuruut siklus 5 tahunan, seharusnya Jakarta banir besar tahun lalu, namun nyatanya baru banjir tahun ini. Apakah alam menyiapkan ini sebagai kado awal tahun? Hohoho, jelas tidak. Ini murni hanya kejadian alam semata. Nggak usah personifikasi deh. Emangnya alam bisa nyiapin kado. Dan banjir Jakarta ini udah jadi permasalahan nasional. Tapi nggak Cuma Indonesia aja yang punya permasalahan. Australia suhunya lagi ekstrim. Sekitar 45,8 oC. Inggris salju lagi deres-deresnya turun. Emang tiap Negara punya permasalahannya masing-masing.
Jepang siap bantu Jakarta kok pasca banjir. Bantuin beresin dan benahi Jakarta. Bagus tuh. Biar hubungan kerjasama Jepang-Indonesia makin erat lagi. Ngomong-ngomong soal banjir, kayaknya nggak bakalan selesai-selesai deh. Dari tahun ke tahun, pemimpin ke pemimpin, udah ganti gubernur juga Jakarta teeteeep aja banjir. Teeteeeeepp aja macet. Kayaknya emang udah jadi permasalahan di Jakarta deh. Banjir kali ini kayaknya parah banget deh.  Selama 14 tahun gua tinggal di Jakarta, baru kali ini air sampe masuk rumah gua. Walaupun Cuma semata kaki, gua tetep repot. Evakuasi barang-barang itu repot lho. Apalagi yang rumahnya kena banjir sampe satu meter, dua meter gitu ya. Pasti repot banget.
Banjir di Jakarta bukan hanya semata permasalahan pemerintah. Namun, masyarakat juga mesti ikut partisipasi untuk membenahi banjir di Jakarta. Kita mesti punya ribuan sumur resapan dan puluhan bahkan ratusan ribu lubang biopori. Curah hujan di Jakarta cukup tinggi, tapi nggak ada tempat buat nampung air itu. Akhirnya banjiiirr. Terus air-nya menuju laut. Cuma sedikit yang diserap sama tanah Jakarta. Banyak gedung-gedung dibangun, perumahan dibangun, lahan hijau berkurang. Gimana Jakarta au nggak banjir coba. Kalo menurut gua, mendingan ancurin tuh beberapa mall dan gedung yang gak berguna di Jakarta. Bikin itu jadi lahan hijau yang banyak sumur resapan sama lubang biopori. Yang rumahnya dibantaran kali, harus mau direlokasi ke tempat yang lebih aman. Karena dibantaran kali itu pengen dibenerin. Biar kalo hujan, sungainya bisa nampung air dan nggak banjir deh. Kalo Jakarta nggak banjir yang seneg siapa? Kita juga, kan? Terus kalaupun udah banjir, warganya mesti mauu dievakuasi. Hal itu dilakukan pemerintah buat nyelametin kita juga kok. Nggak ngerugiin kita, kan? Kan, di posko banjir kita dikasih makan, minum, pakaian dll. Lebih penting harta atau nyawa?
Maap ya kalo postingan ini gojel dan nggak teratur. Gua Cuma pengen memanfaatkan blog yang gua punya. Dimaapin nggak?

Berikut ada beberapa video tentang banjir di DKI Jakarta :






0 komentar:

Posting Komentar

 
It's Fantastic Blogger Template by Ipietoon Blogger Template